Kisah Anak jam 18.30

Posted on Updated on

Pada suatu hari ketika hujan deras, saya mengunjungi sebuah mini market di daerah dago.  Suasana tidak ramai seperti biasanya,  saya hanya melihat seorang anak kecil (sebut saja namanya Andi) di samping pintu masuk yang sedang duduk menggigil ditemani barang dagangannya.  Ketika saya mendekat anak itu memanggil saya.

Andi : “A, beli keripiknya A?”

(saya hanya menggelengkan kepala)

Andi : “A, atuh A beli keripiknya.”

(saya tidak menghiraukannya, langsung masuk ke dalam mini market)

Saya membeli satu bungkus rokok lalu bersantai di luar mini market sambil menunggu hujan reda. Saat sedang asik menghisap nikotin anak itu pun masih tetap berusaha membujuk  agar barang jualannya dibeli, lalu dengan perasaan kasihan saya membeli satu bungkus keripik dengan harga yang lumayan mahal. Kemasannya tidak tertutup rapi, hanya berupa bungkusan plastik yang diikat ujungnya.

Seraya menghisap nikotin saya berusaha membuka pembicaraan dengannya.

Agra :  “De,  sekolah ngga?”.

Andi : “Sekolah A, ayeuna tos kelas opat”. (A=aa panggilan kakak dalam bahasa Sunda)

(“Sekolah A, sekarang udah kelas empat”).

Agra : ” Trus kumaha atuh diajarna lamun jam sakieu masih diluar? emangna orang tua aya dimana?”

(“Trus gimana waktu belajarnya kalo jam segini masih belum pulang? emangnya orang tuanya mana?”)  (sok-sok nanya gini, padahal saya juga ngga pernah belajar ,hehe)

Andi : “Diajar mah disakola atuh A, pulang sakola abdi langsung dagang nepika barang dagangan seep, lamun bapa ibu mah aya dibumi”

(“Belajarnya di sekolah dong A, pulang sekolah langsung dagang  sampai barang dagangan ini abis, kalo bapak sama ibu ada di rumah”)

Agra : “ohhh kitu, sok atuh sing rajin diajarna, emang tinggal dimana?”

(“ohhh gitu, sok yang rajin belajarnya, emang tinggal dimana?”)

Andi : “Majalaya”

Agra : “nteu, maksudna di Bandung teh tinggal dimana?”

(“nggak maksudnya di Bandung tinggalnya dimana?)

Andi : “tinggalna di Majalaya A, jadi mulih ti sakola abdi berangkat ka Bandung keur jualan, ngke lamun barang jualan tos seep abdi mulih deui ka Majalaya”

(‘tinggalnya di Majalaya A, jadi sehabis pulang sekolah saya pergi ke Bandung untuk jualan, trus kalo barang jualan udah abis saya pulang lagi ke Majalaya”)

Agra : “Ayi bulak balik Majalaya – Bandung  ngangge naon Jang ?

(“Kalo pulang pergi Majalaya – Bandung  pake apa De?)

Andi :”Ngangge bus”

(“pake bus”)

………………………..

Sekejap saya termenung, terkesima oleh semangat anak ini dalam mencari rejeki dan sangat bersyukur dengan  hidup  yang saya punya saat ini.

4 thoughts on “Kisah Anak jam 18.30

    adinugrahas responded:
    December 12, 2009 at 3:22 pm

    adinugraha sukandar blog

    aldian said:
    December 22, 2009 at 12:12 pm

    semangat juang anak ini tinggi banget ya, salut

    Tio said:
    December 25, 2009 at 3:41 pm

    kok jadi sedih ya denger ceritanya

    Niken said:
    December 31, 2009 at 1:20 am

    Nice Kak

Leave a comment